Mobil Listrik Nasional

Setelah beberapa saat lalu heboh dengan mobil listrik Tuxuci yang diperkenalkan di publik Indonesia yang dimotori oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Kini Remaja Online akan mengupas mobil mobil listrik buatan Indonesia lainnya. Kembali ke Tucuxi mobil yang berdesain seperti Ferrari, memang harga yang nanti ditawarkan ke konsumen cukup tinggi yang mencapai nilai sebesar 1,5 Miliar. Mobil dengan harga tinggi ini mungkin akan bersaing dengan produk mobil listrik dalam negeri maupun luar negeri.


Mobil Listrik

Persaingan mobil listrik akan semakin ketat, sebut saja Mobil Evina, mobil listrik yang dikembangkan oleh PLN bersama PT Sarimas Ahmadi Pratama ini dibanderol dengan harga kisaran Rp.135 juta – Rp.200 juta per unit on the road.
Berikut ini mobil listrik yang dikembangkan oleh Indonesia :
  • Mobil Tuxuci, mobil listrik buatan Danet Suryatama dan tim di bengkel Kupu-Kupu Malam, merupakan prototipe mobil Ferrari. Harga mobil ini cukup mahal mencapai Rp.1,5 Miliar dan diproduksi secara terbatas hanya melayani pesanan. Mobil ini diciptakan dengan kombinasi teknologi Amerika Serikat, China dan Indonesia. Mesin dari Amerika, Baterai dari China dan komponen-komponen lain dari Indonesia. Mobil Tucuxi mampu melaju dengan kecepatan 100-200 km/jam.
  • City Car Evina, Evina (Electric Vehicle Indonesia) merupakan mobil yang dikembangkan oleh PLN dan PT Sarimas Ahmadi Pratama. Mobil ini dijual dengan harga Rp.135 juta sampai Rp.200 juta per uni on the road. Pilihand ari mobil ini ada 3 yaitu tipe Standart(S), Grand (G) dan Deluxe(L). Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 120 km/jam.Mobil ini mampu menempuh jarak 130 km sekali charge. Dan menariknya mobil ini juga bisa dicharge dirumah dengan tegangan 220 volt dengan masa charge 4-5 jam.
  • EVO, EVO (Electric Vehicle Odyssey) merupakan mobil buatan Tim Mobil Power Listrik dari Universitas Negeri Yogyakarta. Evo memiliki dimensi lebar 125 cm, panjang 180 cm dan tinggi mobil 100 cm sementara itu mempunyai berat sebesar 150 kg. Kecepatan maksimum mobil ini adalah 60 km/jam dengan jarak tempuh 45 km untuk sekali charge.
  • Kujang 193, Kujang 193 merupakan besutan dari Tim Si Jalak Harupat dari Universitas Pasundan. Mobil dengan kecepatan 60 km/jam dengan berat mobil 220 kg. Mobil Kujang tersebut dirancang menggunakan mesin Panasonic120 volt 42 Ah yang merupakan mesin asal China.
  • City Car Gang Car, PT Dirgantara Indonesia menciptakan mobil jenis City Car, Gang Car. Mobil ini mempunyai body yang ramping dan lebar body tidak lebih dari 150 cm, sehingga bisa masuk ke gang gang kecil. Mobil ini dapat melaju sampai 60 km per jam. Gang Car mempunyai 4 varian mobil listrik.

Sumber : Yahoo

Comments
2 Responses to “Mobil Listrik Nasional”
  1. saya kira ini masalahnya panjang dan berujung pada kebijakan. untuk memproduksi masal diperlukan banyak modal dan apa lagi ini bisa menjadi penurunan pendapatan orang – orang terntu yang sangat mendukung luarnegeri memasukkan kendaraan buatan mereka. saya kira kebijakan ini masih akan sangat lama dilakukan. kita tunggu aja tangal mainnya..

  2. evilgenius says:

    pada lomba mobil listrik di politeknik bandung kemarin, tim dari UNEJ berhasil menjadi juara dan dinyatakan sbg mobil listrik dengan efisiensi paling tinggi. kira-kira bagaimana prospek mobil listrik tersebut kedepannya?

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: