Manfaat Buah Mangga

Buah ManggaMangga (Mangifera indica), adalah buah yang berasal dari India, Mangga memiliki banyak varietas. Ada yang menyebutkan, setidaknnya terdapat 2.000 jenis mangga di dunia. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah mangga ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, Sebab buah ini mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Buah mangga kaya akan beta karoten (vitamin A), yang merupakan sumber antioksidan. Bukan hanya berfungsi sebagai peremajaan kulit, kandungan beta karoten juga memiliki efek mengatasi jerawat. Beta karoten merupakan nutrisi penting bagi kulit, zat tersebut dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A dan bisa sebagai obat mengatasi jerawat, caranya dengan mengaplikasikan buah kaya beta karoten ini langsung pada kulit yang berjerawat.

Memenuhi asupan vitamin A adalah kunci kulit cerah dan sehat, jika kita kekurangan vitamin A kulit akan terlihat kusam, kering, pori-pori terbuka, jerawatan serta kulit pecah pada bagian tangan, tumit dan lutut. Dengan mengkonsumsi mangga secara teratur dapat membuat kulit anda lebih cantik dan bersinar, karena mangga sangat efektif mengatasi tersumbatnya pori-pori kulit.

Bukan hanya daging buahnya yang bisa dinikmati dan punya khasiat, kulit buahnya juga bisa kita manfaatkan sebagai obat pengelupasan kulit dan peremajaan kulit. Hal ini karena pada kulit mangga mempunyai kandungan AHA (alpha hydroxyl acids) yang sangat baik untuk kulit dengan merangsang pergantian sel yang mati lebih cepat, caranya dengan menggosokkan secara lembut kulit mangga pada wajah selama beberapa menit.

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. Mangga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Berbagai referensi menyebutkan buah ini memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu. Yaitu, bersifat pengelat (astringent), peluruh kencing, penyegar, penambah nafsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan.

Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

Karena berbagai kandungan zat dan senyawa itulah mangga juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan. Di antaranya khasiat buah mangga dapat mengatasi radang kulit, influenza, asma, gangguan penglihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas, dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia, dan rematik.

Untuk mengatasi radang kulit yang digunakan adalah kulit buah mangga. Caranya, 150 gram kulit buah mangga dimasak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi hangat, air rebusan ini dipakai untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi eksim.

Penyakit influenza juga bisa diatasi dengan buah ini. Caranya, 200 gram daging buah mangga ditambah 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Bahan-bahan ini direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.

Mereka yang biasa mabuk perjalanan juga bisa memanfaatkan mangga untuk mengatasinya. Caranya, mangga yang sebelumnya dikeringkan lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, tambahkan madu secukupnya dan 10 cc air jeruk nipis lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya ramuan ini diminum selagi hangat.

Untuk Penyakit lainnya dapat disembuhkan dengan rajin mengkonsumsi buah mangga secara teratur.

Sumber Bacaan :
http://naylanews.blogspot.com/2011/08/manfaat-buah-mangga.html
http://www.kucoba.com/2011/11/khasiat-buah-mangga-atasi-berbagai.html
Majalah Healty
Man Healty
Buku Khasiat 1000 Buah

Comments
6 Responses to “Manfaat Buah Mangga”
  1. udah enak banyak manfaatnya nih buah

  2. baby says:

    aku emang suka banget sama mangga, apa lagi kalo di JUS :9

    Baby Pink

  3. somantri says:

    Thanks infonya

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: