Manfaat Buah Semangka

Buah SemangkaSemangka merupakan buah yang sangat segar yang mengandung banyak air. Umumnya daging buah semangka berwarna merah dan kuning. Sedangkan kulit dari buah ini berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua.

Semangka tidak hanya buah yang populer di musim panas, jus dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai obat-obatan. Ben Cao Gang Mu mengatakan bahwa semangka bisa menghilangkan rasa haus dan panas, menyembuhkan tenggorokan kering dan menyakitkan, membantu buang air kecil, juga baik untuk sembelit dan mengatasi kecanduan alkohol.

Semangka adalah sumber alami antioksidan kuat yang disediakan oleh alam. Ini adalah sumber yang baik dari antioksidan vitamin C dan A untuk melindungi kita dari penyakit. juga bisa mengurangi resiko dehidrasi.

Semangka ditemukan hampir di seluruh bagian dunia. Meskipun kita bisa menemukan semangka di pasar sepanjang tahun, musim semangka adalah ketika musim panas, dengan rasanya yang manis dan kualitasnya terbaik. Tidak ada buah lain yang kita dapat temukan dengan tekstur yang begitu renyah dan menyegarkan seperti semangka.

beberapa manfaat semangka untuk kesehatan:

  1. Manfaat kesehatan dari semangka yang benar-benar mengagumkan. semangka merupakan sumber dari beberapa antioksidan yang paling penting yang ditemukan di alam.
  2. Sumber vitamin C dan juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, terutama melalui konsentrasi beta-karoten.
  3. Semangka mengandung senyawa antioksidan karoten kuat yang lebih unggul dari vitamin C dan E namanya Likopen. Likopen adalah pigmen merah pada tumbuhan, merupakan senyawa fitokimia yang terdapat dalam tomat, semangka dan buah-buahan berwarna merah yang lain. Senyawa ini merupakan golongan karotenoid yang paling umum yang terdapat dalam tubuh manusia. Senyawa ini larut dalam air sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.Semangka merah yang indah juga merupakan sumber antioksidan  yang disebut lycopene. Antioksidan menjalar ke seluruh tubuh menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan banyak untuk kita. Mereka mampu mengoksidasi kolesterol, sehingga menempel pada dinding pembuluh darah dan menebal mereka yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lycopene (pemberi warna merah pada buah) yang kita temukan dalam semangka dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Ini adalah fakta mengejutkan bahwa semangka merupakan buah yang mengandung lycopene dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran segar lainnya.
  4. Semangka adalah buah yang kaya elektrolit natrium dan kalium, cocok untuk mengganti cairan tubuh yang biasanya kita kehilangan zat ini ketika berkeringat.
  5. Semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Ahli makanan merekomendasikan semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, sumber vitamin B1 dan magnesium. Karena kadar air yang lebih tinggi sekitar sembilan puluh persen dan nilai kalor berada di peringkat lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya.
  6. Semangka memiliki efek pendinginan khusus dan ini sangat tinggi di citrulline, asam amino yang tubuh kita gunakan untuk membuat asam lain arginin, amino, yang digunakan dalam siklus urea untuk menghilangkan amonia dari tubuh.
  7. Antioksidan membantu mengurangi keparahan asma. Hal ini juga mengurangi resiko kanker usus besar, asma, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.
  8. Semangka merupakan sumber yang baik thiamin, kalium dan magnesium yang melindungi tubuh kita dari penyakit begitu banyak.
  9. Semangka bebas dari lemak tetapi mampu membantu produksi energi. Ini melindungi terhadap degenerasi makula.

Study yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi menunjukkan fungsi lain pada Likopen yaitu dapat meningkatkan jumlah sperma dan mempercepat gerakannya. Percobaan pada 30 orang pria tidak subur berusia 23-45 tahun yang diberi 20 mg Likopen dua kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 diantaranya berhasil menghamili istrinya.

Selain Likopen terdapat pula zat lain yang disebut Sitrulin. Sitrulin bekerja dengan meningkatkan produksi Nitrit Oxide, yang berperan pada kemampuan ereksi pada pria sehingga dapat memulihkan lemah syahwat (impotensi). Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai. Dalam proses terjadinya ereksi dipengaruhi oleh otak yang mengirimkan signal kejaringan saraf pada penis mengakibatkan pengeluaran Nitrit Oxide (NO) yang mengaktifasi enzim Guanyl Cyclase (GC) yang mengubah Guanosine Triphospate (GTP) menjadi cyclic Guanosine Monophospate (GMP) yang mengakibatkan ion calsium (Ca2+) dari sel otot memasuki tempat penyimpanan calsium di sel. Hal ini menyebabkan relaksasi otot penis yang memberikan ruangan yang luas pada pembuluh darah vena penis untuk berdilatasi dan terisi oleh darah tanpa ada aliran balik (darah stagnan untuk sementara pada vena penis) sehingga terbentuklah ereksi.

Sumber Bacaan :
http://tipsku.info/manfaat-buah-semangka/
http://bangaisabe.blogspot.com/2011/11/10-manfaat-buah-semangka.html

Comments
5 Responses to “Manfaat Buah Semangka”
  1. Inzanami says:

    agar manfaatnya segera terasa, kita makan semangkanya sehari berapa banyak min? makasih

  2. Terimakasih atas informasinya yang sangat lengkap dan bermanfaat…
    Buah yang segar dan manis ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat beragam bagi kesehatan tubuh. Tentu akan menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi mereka yang menggemari buah ini. Dari beberapa artikel yang saya baca, buah ini juga bisa membantu meningkatkan gairah seksual pada pria, karena kandungan likopen di dalamnya🙂

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: