Manfaat Buah Pisang

PisangAnda pasti tahu buah pisang, Buah yang satu ini banyak ditemukan di Rumah makan, warung, bahkan pedagang-pedagang emperan di pasar tradsional, pastinya pisang sudah sangat familiar di antara menu makan kita.

Selain enak, pisang juga memilik banyak manfaat kesehatan? Kandungan zat di dalamnya mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti anemia, sakit jantung dan lain-lain.

Berikut ini beberapa Manfaat Buah Pisang bagi kesehatan ;

Mengurangi Depresi
Pisang mengandung tryptophan, sebuah asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin, yang mengarah ke perbaikan suasana hati

Anemia
Pisang relatif tinggi zat besi, yang membantu fungsi hemoglobin tubuh

Sembelit dan Diare
Karena konten mereka dalam serat, mereka membantu memulihkan fungsi usus normal. Selain itu, diare biasanya menguras tubuh Anda dari elektrolit penting (yang paling penting adalah potasium, yang terkandung dalam jumlah yang tinggi dalam pisang). Mereka juga mengandung pektin, serat yang larut (hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

Perlindungan Penglihatan

Penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Ophthalmology telah membuktikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi minimal 3 porsi buah per hari memiliki risiko berkurang (sebesar 36%) mengembangkan usia degenerasi makula terkait (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi buah setiap hari.

Menyehatkan Tulang
Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.

Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien

Menyehatkan Ginjal
Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosis setiap tahun.
Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. Di antara buah-buahan, pisang secara khusus pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah dua risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran akar pisang dan banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial.

Tekanan darah
Pisang sangat tinggi kalium (sekitar 4673mg), namun sangat rendah sodium (1mg), sehingga memiliki rasio yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Begitu banyak sehingga, US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Morning Sickness
Ngemil pisang antara waktu makan membantu menjaga tingkat gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

Merokok
Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Mereka mengandung vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium: zat-zat ini membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

Ulkus
Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus kronik. Hal ini juga membantu mengurangi keasaman dan mengurangi iritasi. Pisang merangsang sel-sel pada lapisan perut internal untuk menghasilkan lendir tebal (yang melindungi terhadap asam). Selain itu, pisang mengandung inhibitor protease yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang telah menunjuk sebagai penyebab utama dari ulkus.

Memperbaiki fungsi Saraf
Pisang mengandung vitamin B yang telah menunjukkan untuk memperbaiki fungsi saraf

Gigitan Nyamuk
Banyak orang melaporkan bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigitan nyamuk sangat efektif dalam mengurangi gatal dan pembengkakan

Mengurangi Stres
Pisang tinggi kalium, yang membantu menormalkan hearthbeat dan mengatur keseimbangan air tubuh. Selama periode stres yang tinggi, kadar potasium tubuh kita cenderung cepat habis: makan pisang adalah cara yang sehat untuk menyeimbangkan mereka tanpa menggunakan obat

Risiko Stroke
Menurut sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine, makan pete sebagai bagian dari diet teratur dapat mengurangi risiko kematian karena stroke sebanyak 40% .

Pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu: Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa. Zat-zat ini dapat memberikan tambahan sokongan energi langsung yang cukup banyak dan mempunyai indeks glikemik rendah yang baik bagi aktivitas otak kita. Berikut ini Kandungan Gizi Pisang, mentah, bagian yang dapat dimakan Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 371 kJ (89 kcal)
Karbohidrat 22,84 g
Gula 12,23 g
Diet serat 2,6 g
Lemak 0,33 g
Protein 1,09 g
Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,031 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,073 mg (5%)
Niacin (Vit. B3) 0,665 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,334 mg (7%)
Vitamin B6 0,367 mg (28%)
Folat (Vit. B9) 20 mg (5%)
Vitamin C 8,7 mg (15%)
Kalsium 5 mg (1%)
Besi 0,26 mg (2%)
Magnesium 27 mg (7%)
Fosfor 22 mg (3%)
Kalium 358 mg (8%)
Seng 0,15 mg (1%)
Satu pisang 100-150 g.
Sumber: USDA Nutrient database

Pada pisang ditemukan kandungan potassium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas orange juice atau kentang kukus. Menurut Dr.Mitchell Elkind yang dilansir Health 24,July,2009, mengatakan bahwa pottassium bisa membuat rileks pembuluh darah sehingga mencegah tekanan darah tinggi dan membantu mengeluarkan sodium dari darah. Oleh karena itu, perbanyaklah makan buah pisang demi menjaga kebugaran tubuh serta menghindari gejala penyakit.

Sumber bacaan :
http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/07/manfaat-buah-pisang.html
http://www.idrap.or.id/news/detailArtikel.php?ID=57
http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/10/pisang-banana.html

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: