Manfaat Buah Anggur

Buah AnggurBuah anggur memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Sebuah penelitian di Spanyol mengungkap bahwa konsumsi anggur secara rutin dapat mencegah penuaan dini, bahkan kanker kulit. Penelitian yang dilakukan tim dari Dewan Riset Nasional dari Universitas Barcelona itu menemukan senyawa dalam anggur yang mampu melindungi sel-sel kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Senyawa yang dikenal sebagai flavanoid itulah yang berperan mencegah pembentukan sel kanker.

Penelitian dilakukan setelah menganalisis proses terbentuknya sel kanker kulit. Jenis kanker ini umumnya terbentuk akibat pancaran sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Saat menerpa kulit, sinar ultraviolet akan meningkatkan reaksi molekul berbahaya yang merusak kulit.

Dr Marta Cascante, seorang ahli biokimia di Universitas Barcelona dan direktur proyek penelitian, mengatakan, “Ini hasil yang menggembirakan dan harus dipertimbangkan untuk bahan lanjutan dalam mengembangkan penemuan baru soal perlindungan produk kulit. ”

Kosmetik dan obat yang mengandung senyawa anggur sudah tersedia, tapi pengaruhnya terhadap sel-sel belum dipahami dengan baik sampai sekarang.

“Studi ini mendukung ide untuk menggunakan produk berbahan anggur demi melindungi kulit dari kerusakan dan kematian sel yang disebabkan oleh radiasi matahari,” kara Dr Cascante yang mempublikasikan studinya dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Buah anggur ini juga banyak mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (bermanfaat anti sariawan), juga mengandung aktioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh.

Tidak hanya daging buahnya saja, ternyata biji buah anggur juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Menurut penelitian biji buah anggur memiliki kandungan mineral, seng dan mangan yang bermanfaat bagi tubuh. di dalam biji anggur terdapat kandungan endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah kita.  Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke. Menurut penelitian lainya juga menyimpulkan bahwa di dalam biji buah anggur juga terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Namun sebagian dari kita juga mempunyai kekhawatiran jika mengkonsumsi biji anggur ini akan menyebabkan usus buntu sebagaimana jika kita mengkonsumsi biji cabai. Ini tidak akan menjadi masalah karena biji anggur tidak sekeras biji cabai, sehingga masih aman untuk dikonsumsi apalagi jika menilik manfaatnya bagi tubuh kita. Tapi alangkah baiknya untuk menghilangkan kekhawatiran ini kunyah biji anggur sebelum ditelan.

Sumber bacaan :
http://terbitfajar.com/khasiat-buah-anggur.html
http://blog.sedapur.com/2011/10/manfaat-mengkonsumsi-biji-anggur/

Comments
8 Responses to “Manfaat Buah Anggur”
  1. pureit says:

    tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali….terimakasih untuk postingannya!

  2. Super Ampuh says:

    Enakan yang ijo atau yang merah ?

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: