Göbekli Tepe – Turki

Göbekli TepeGöbekli Tepe Merupakan Kuil Kuno di Turki Timur Selatan, di Provinsi Sanliurfa di dataran Harran menuju Suriah di dekat salah satu jalur Efrat. Peradaban kuno pada tahun 9.000 SM, atau 7000 tahun lebih tua daripada pyramid, spink, mahenjo daro, stonehenge dll. Situs ini rupanya ditinggalkan saat pasokan air disekitarnya mengering. Situs berada dalam pengawasan Yerikho conservativemythology, bayangkan peradaban yang maju ada jaman megalitikum dan perkembangan kepercayaan seperti kuil.

Göbekli TepePenemuan ini kemungkinan besar menggugurkan teori para antropolog yang mengatakan: peradaban dimulai setelah adanya pertanian.. alias urutannya: berburu > bertani > bermasyarakat lalu berkesenian, berkebudayaan termasuk didalamnya berkeyakinan dengan membuat tempat peribadatan/persembahan. Kuil tertua di dunia, Göbekli Tepe tidak menunjukan itu, alias kebutuhan untuk beribadahlah yang membangun masyarakat/peradaban. Para pemburu (nomaden) membangun kuil terlebih dahulu, beribadah.. lalu terbentuk masyarakat/peradaban.

Göbekli TepeKuil ini bisa mengungkap banyak hal baru yang tertulis dalam kitab2 suci lama. Ilmuwan sudah memperkirakan tempat kelahiran nabi Ibrahim / Abraham yang lokasinya tidak jauh dari kuil ini yaitu Ur atau Sanliurfa, wilayah Kurdi Turki tetapi kota ini pun jauh lebih muda daripada kuil Göbekli Tepe.

Beberapa sumber untuk di baca:

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: