Menentukan Shortcut Sendiri Pada Corel

shortcut atau tombol pintas merupakan salah satu cara untuk mempercepat proses pengerjaan artwork atau gambar yang sedang kita buat. Dengan menekan satu atau kombinasi dari beberapa (dua atau lebih) tombol pada keyboard, kita dapat memberikan instruksi pada program applikasi untuk melakukan tugas-tugas tertentu: misalnya melakukan trim, weld, copy, paste, dll. Cara ini lebih cepat dibandingkan dengan jika kita harus mengklik menu-menu pada menu bar kemudian mengklik lagi pilihan-pilihan yang tersedia. Contoh, jika kita ingin memberikan perintah copy, kita akan mengklik menu edit kemudian mengklik lagi copy. Dengan shortcut, kita cukup menekan tombol “Ctrl” dan tombol “C” secara bersamaan untuk memberikan perintah copy. Ini adalah shortcut default yang diberikan oleh program Coreldraw (juga oleh program-program lain termasuk windows, words, dsb)

Meskipun shortcut-shortcut tersebut telah disediakan secara default, tapi kita dapat mengubah ataupun menambahkan shortcut kita sendiri sesuai dengan kebutuhan dan apa yang kita rasa “lebih enak” buat kita.

Cara mengubah atau menambahkan shortcut

  1. Klik menu Tools, kemudian pilih Customization. Kotak options akan muncul.
  2. Klik commands. Akan muncul kotak commands.
  3. Pada pilihan-pilihan di bawah kata commands (command list), pilih salah satu command yang ingin kita ubah atau tambahkan shortcutsnya (misalkan kita pilih Arrange). Akan muncul sub-sub command di bawahnya yang berupa slide menu (jika yang kita pilih command Arrange, akan muncul sub-sub command: Arrange, Align and Distribute,….dst). Klik salah satu sub command tersebut (misalnya Trim Target untuk melakukan trim suatu objek ke objek tertentu lainnya).
  4. Klik tab Shortcut Keys.
  5. Pada pilihan Shortcut Key Table, pilih Main.
  6. Di bawah Shortcut Key Table ada kotak Shortcut Assignment. Di dalamnya ada menu New Shortcut Key, Currently assigned to, Navigate to conflict on Assign, dan ada kotak Current Shortcut Keys yang akan menampilkan shortcut yang telah digunakan untuk suatu fungsi tertentu. Pada kotak di bawah tulisan New Shortcut Key tekan/ketikkan satu tombol/karakter atau kombinasi dari tombol/karakter (misalnya K atau Ctrl + K) yang akan kita gunakan sebagai shortcut untuk fungsi yang tadi kita pilih (Trim Target).
  7. Bila tombol/karakter yang kita masukkan tadi telah dipakai untuk suatu fungsi/perintah yang lain, maka di kotak Currently assigned to akan muncul fungsi/perintah yang menggunakan shortcut tersebut. Bila belum, kotak tersebut akan tetap kosong.
  8. Jika shortcut yang kita masukkan tadi belum dipakai untuk fungsi/perintah yang lain dan kita ingin menggunakannya, tekan tombol Assign yang ada di sebelah kanan New Shortcut Keys.
  9. Jika ingin membuat shortcut lain untuk fungsi/perintah yang lain, ulangi langkah mulai nomor 6 sampai 8.
  10. Klik OK. Kita telah punya shortcut baru.
  • Jika kita menentukan suatu shortcut baru (dengan menekan tombol assign dan ok) yang telah lebih dulu digunakan untuk fungsi/perintah yang lain, maka shortcut baru yang akan dipakai, dan fungsi/perintah lama akan kehilangan shortcutnya. Misalnya kita menentukan shortcut “T” untuk perintah Trim Target padahal shortcut “T” telah dipakai untuk Align Top. Maka setiap kali kita menekan huruf “T” apabila suatu objek sedang aktif, maka objek tersebut akan ditrimkan kepada objek lain, dan kita tidak bisa melakukan perataan align top dengan shorcut “T” lagi.
  • Untuk menghapus suatu shortcut tertentu yang telah ada, klik shortcut yang ada di kotak Current Shortcut Key kemudian klik tombol Delete yang ada di sebelah kanannya.
  • Kita bisa melihat shortcut-shortcut apa saja dan untuk fungsi/perintah apa saja shortcut tersebut dipakai dengan menekan tombol View All.
  • Untuk mengembalikan seluruh shortcut kepada keadaan defaultnya, klik tombol Reset All.

              Semoga Bermanfaat

About these ads
Comments
One Response to “Menentukan Shortcut Sendiri Pada Corel”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] Menentukan Shortcut Sendiri Pada Corel [...]



Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: