HARDWARE

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian sistem yaitu :

Hardware, software dan brainware.

di sini kita akan membahas tentang Hardware.

A. Pengertian Hardware

Perangkat keras komputer ( hardware) adalah semua bagian fisik Komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.dengan kata lain Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

B. Karakteristik Hardware

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

C. Fungsi Hardware

Hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

D. Sistem kerja Hardware

Perangkat Hardware terdiri atas 3 bagian utama, yaitu:
1. Perangkat masukan (Input device).
2. Perangkat pengolah data (Processor)
3. perangkat keluaran (Output device)

1. Perangkat masukan (Input device)

Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya perangkat-perangkat alat input yaitu :

a. Keyboard

Keyboard adalah perangkat yang memiliki tuts seperti pada mesin ketik, yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Jenis keyboard ada tiga, serial, PS/2 dan USB (universal serial bus) yaitu socket model baru yang menghubungkan PC dengan alat lainya yang menjanjikan kemudahan instalasi dengan prinsip Pnp dan kecepatan transfer data.

b. Mouse

Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor. Jenis-jenis mouse yaitu Serial, PS/2 dan USB. Disamping jenis mouse tersebut sekarang mulai banyak jenis mouse dengan optic, mouse jenis ini sudah tidak lagi menggunakan bola untuk menggerakan pointer tetapi menggunakan sinar laser.

c. Scanner

Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

d. Floppy Disk Drive

Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

e. CD/DVD-ROM and CD/DVD RW

CD/DVD ROM adalah alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik. CD/DVD RW adalah alat untuk merekam (backup) data pada CD/DVD.

2 Perangkat pengolah data (Processor)

Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

a. chasing

Adalah otak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering disebut dengan CPU.

b. power supply

Berupa kotak tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam casing.Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard

c. Motherboard atau Mainboard

Berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bias dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.

d. Prosesor atau CPU (Central Processing Unit)

Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

e. RAM ( Random Access Memory )

RAM adalah Memori fisik yang merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada computer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup).

f. Card VGA

VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.

g. HDD (harddisk drive ) atau HD (hard drive )

Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

h. Sound Card

Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB card (printed circuit board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.

i. Video Adaptor atau GPU

Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain..

j. Heatsink Fan (HSF) atau Cooling Device

Merupakan peralatan pendingin yang berbentuk kotak atau bulat, yang terbuat dari bahan alumunium dan di atasnya terdapat kipas yang akan berputar saat computer menyala. HSF menjadi kebbutuhan pokok dalam computer karena hampir semua komponen hardware computer di dalam casing menggunakan HSF masing-masing, mulai dari prosesor, VGA card, dn Harddisk yang berlomba-lomba memberikan fasilitas komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di pasaran.

k. Network Interface Card (NIC)

Network interface card adalah kartu — maksudnya papan elektronik — yang ditanam pada setiap komputer yang terhubung ke jaringan.

l. Sound Card

Soundcard adalah komponen yang terdapat dalam PC yang berfungsi untuk mengoptimalkan suara pada PC multimedia.

m. Modem

Modulatiaon demodulation. Umumnya alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line telpon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet.

n. TV Tuner

TV Tuner adalah alat yang dapat digunakan komputer untuk menampilkan siaran dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya pesawat televisi biasa.

3. perangkat keluaran (Output device)

perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer
Beberapa alat output yaitu :

a. Monitor

Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

b. Printer

Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik

c. Speaker

Pengeras suara atau speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

d. Headphone

headphone, earphone, headset, earbud, stereophone, Cans (slang) adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara alat ini berupa sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga.

 

 

 

Comments
3 Responses to “HARDWARE”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Software merupakan bagian lain dari komputer selain Hardware, […]

  2. […] bagi kita semua. Secara garis besar, komputer terdiri dari 3 (tiga) kompunen, antara lain: 1. Hardware / Perangkat Keras Bisa dikatakan adalah bentuk fisik komputer itu sendiri, antara lain CPU, Monitor, Keyboard, […]



Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: