Manfaat Buah Tomat

Buah TomatBuah Tomat memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Selain untuk kesehatan tubuh ternyata buah ini juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Tak urung juga banyak yang menggunakan buah ini sebagai masker kecantikan untuk meremajakan kulit mereka.

Pada umumnya tomat dikonsumsi sebagai sayuran, akan tetapi tomat juga dapat dijadikan minuman jus. Siapa sangka, dari buah ini ternyata memiliki banyak khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Jadi tak ada salahnya jika kita konsumsi buah tomat untuk keseharian kita.

Ketika bulan November 1834 di ruang kuliah fakultas, dengan suara lantang Bennet berkata, “Tomat bisa mengobati diare, serangan empedu, dyspepsia (gangguan pencernaan), dan mencegah kolera.” Yang lebih dahsyat, Bennet menyatakan, minum jus tomat mampu memulihkan fungsi lever.

Selang 120 tahun kemudian, ilmuwan Yumi Tohuoka melalui penelitiannya menunjukkan dukungannya terhadap Bennet. Dalam laporan TheTohoku Journal of Experimental Medicine terbitan Tohoku University di Jepang, Tohuoka menyatakan, jus tomat secara buy amoxicillin online klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever.

Demikian pula John Heinerman, seorang peneliti medis yang bekerja sama dengan tabib berkesimpulan, “Tak ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan meminum jus tomat.”

Beberapa waktu silam – tanpa sengaja – dihasilkan sejenis tomat yang mengandung antioksidan lycopene tiga setengah kali lebih banyak. Ini berawal dari usaha ilmuwan di Purdue University dan Pusat Penelitian Pertanian Departemen Pertanian AS untuk mengembangkan tomat yang memiliki kualitas lebih baik dan tidak mudah busuk.

“Namun, dalam proses berikutnya, mereka menemukan bahwa tomat tersebut memiliki kandungan antioksidan lycopene lebih tinggi ketimbang tomat biasa,” kata Avtar Handa, profesor horti kultur di Purdue. Ini tentu memberi harapan lebih besar dalam upaya melawan kanker.

Siapa sangka, setelah mengalami beberapa kali turunan, tomat menjadi amat berkhasiat. Maka, penamaannya sejalan pula dengan perkembangan zaman, yang makin memahami manfaatnya. Misalnya di Prancis tomat dijuluki pomme d’amour alias apel cinta, karena tomat mampu memulihkan lemah syahwat.

Berikut beberapa Manfaat Buah Tomat :

  • Menyehatkan mata

    Tingginya kadar vitamin A pada tomat benar-benar menguntungkan bagi kesehatan mata. Bila Anda rutin mengkonsumsi buah tomat, baik dimakan langsung atau dijadikan minuman jus, penglihatan Anda akan terus terjaga dan tidak mudah rabun sampai tua.

  • Meningkatkan sistem imun

    Vitamin C yang juga tinggi pada tomat sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan badan sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit bila rutin memakan buah tomat.

  • Radikal bebas & kanker

    Zat likopen yang sangat tinggi pada buah tomat, bermanfaat untuk melenyapkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh (misalnya lewat asap bahaya rokok yang berbahaya dan polusi udara). Dan berfungsi sebagai zat antioksidan bermanfaat untuk menghambat kerusakan sel-sel jaringan tubuh. Sehingga resiko Anda terkena penyakit kanker jantung akan turun drastis. Misalnya kanker prostat, kanker leher rahim, maupun kanker pankreas.

  • Jantung

    Manfaat buah tomat yang lain adalah bisa menurunkan resiko terkena gangguan maupun penyakit jantung, karena buah tomat dipercaya mampu mencegah penggumpalan darah sehingga aliran darah pada tubuh bisa lancar. Dalam laporan TheTohoku Journal of Experimental Medicine terbitan Tohoku University di Jepang, Tohuoka menyatakan, jus tomat secara buy amoxicillin online klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever.

  • Kecantikan

    Dalam manfaat buah-buahan untuk kecantikan, buah tomat juga sudah sering dimanfaatkan, misal sebagai masker. Buah tomat mampu meremajakan kulit wajah, sehingga kulit tetap segar dan menghambat proses keriput. Anda bisa menggunakannya dengan cara memotong buah tomat matang yang benar-benar merah, hancurkan, lalu usapkan pada kulit secara merata. Bila dilakukan secara rutin, kulit wajah akan terasa lebih segar dan sehat.

    kandungan tomatine pada tomat berkhasiat anti-radang. Tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Sementara asam sitratnya juga mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat.

  • Khasiat lainnya

    * meningkatkan nafsu makan
    Itu karena tomat memiliki kekayaan garam mineral. Mineral-mineral itulah yang merangsang aliran air liur, sehingga menambah rasa lapar sekaligus memungkinkan makanan dicerna lebih baik.

    * Untuk keseleo
    Caranya, blenderlah tomat, lalu campur sarinya dengan minyak wijen, dengan perbandingan 1 : 1. Panaskan hingga tinggal minyaknya saja. Setelah itu gunakan minyaknya untuk memijat sendi-sendi yang keseleo.

    * Bisul pun dapat diatasi dengan tomat.
    Caranya, panaskan seluruh daging dan biji. Lalu taruh di atas bisul. Biasanya, bisul itu pecah tak lama kemudian, sekaligus sembuh.

Sumber bacaan :

http://tipsku.info/manfaat-buah-tomat/

http://doktersehat.com/manfaat-buah-tomat/

About these ads
Comments
3 Responses to “Manfaat Buah Tomat”
  1. Jefry says:

    saya baru tahu kalau buah tomat bisa menurunkan resiko untuk terkena penyakit jantung yang notabene sangat berbahaya bagi kita..

  2. harapan bunda says:

    banyak sekali manfaat buah tomat ,

  3. Waaah, ga suka tomat, bro… :-(

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: