Kuil Karnak di Mesir

Kuil KarnakKuil Karnak, Sebuah lokasi wisata populer di Mesir.  Selain Piramida dan Sphinx, Kuil Karnak yang didedikasikan untuk Theben tiga serangkai Amun, Mut dan Khonsu dan dikenal sebagai Ipet-isut oleh orang Mesir kuno, merupakan salah satu cerminan kejayaan Mesir kuno.

Sekitar 30 firaun berkontribusi pada bangunan di Karnak yang memungkinkan munculnya berbagai ukuran, kompleksitas dan keragaman. Ini menjadikannya salah satu kompleks kuil yang paling mengesankan dengan luas wilayah hampir satu mil dan mempunyai lebih dari 25 kuil besar dan kecil.

Kuil KarnakDahulu, bagi sebagian besar penduduk Mesir kuno, kuil ini merupakan tempat para dewa dan pusat dari semua bangunan keagamaan. Kuil ini juga merupakan yang terbesar yang pernah dibuat dan telah menjadi tempat ziarah selama hampir 4.000 tahun.

Karnak juga terkenal sebagai tempat tinggal dari Dewa Amun yang merupakan dewa lokal. Dia diwakili dalam keadaan asli sebagai angsa dan kemudian sebagai seekor domba jantan, di puncak kekuasaannya ia ditampilkan sebagai manusia dengan gaun kepala bulu – semua yang tersisa dari angsa. Kuil Amun merupakan tempat yang paling spektakuler di Karnak .

Kuil KarnakKompleks Karnak juga menjadi tempat bagi beberapa contoh terbaik dari desain dan arsitektur Mesir kuno. Diantaranya adalah Aula Hypostyle yang dianggap sebagai salah satu prestasi besar di dunia arsitektur.

Aula yang meliputi area seluas 19.684 meter persegi ini diisi dengan 134 pilar besar, yang tertinggi 70 kaki (sekitar 21 meter) sementara ketinggian rata-rata pilar lainnya sekitar 45 kaki (sekitar 13 meter).

Selain itu,  juga terdapat Obelisk Thutmose I, sebuah monumen setinggi 22 meter. Ini adalah salah satu dari empat obelisk asli yang masih berdiri.

Kuil KarnakDanau Karnak juga merupakan danau terbesar yang biasa ada di setiap kuil di Mesir. Danau ini biasa digunakan sebagai tempat pemandian dan pembersihan diri para pendeta sebelum melakukan ritual penyembahan ataupun upacara spiritual.

Disebelah utara danau tersebut terdapat patung Scarab of khepri (kumbang khepri) berukuran raksasa, menurut kepercayaan bangsa mesir kuno kumbang khepri adalah dewa yang memiliki kekuatan untuk menggerakkan matahari, sehingga dapat terbit dari timur dan tenggelam di barat.

*Dari berbagai sumber.

About these ads
Comments
One Response to “Kuil Karnak di Mesir”

Silakan tinggalkan komentar Sobat disini. Terima kasih...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: